7.300 PMI Akan Tiba di Indonesia, Gus Ami Minta Pemerintah Berikan Perlindungan Optimal

- 2 Juni 2021, 21:00 WIB
Ketua umum DPP PKB Muhamin Iskandar atau yang akrab disapa Gus Ami.
Ketua umum DPP PKB Muhamin Iskandar atau yang akrab disapa Gus Ami. /Dok. DPP PKB./

Pedoman Tangerang - Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, meminta pemerintah melakukan upaya antisipatif agar para Pekerja Migran Indonesia (PMI) mendapat perlindungan secara optimal menyusul rencana kepulangan 7.300 PMI selama Juni hingga Juli mendatang. Menurutnya, pemerintah perlu melakukan koordinasi yang matang terhadap rencana kepulangan PMI.

“7.300 itu jumlah yang sangat banyak. Apapun kondisi mereka, mereka adalah pahlawan-pahlawan devisa. Berikan perlindungan optimal kepada para PMI," kata Muhaimin dalam keterangan tertulis, Rabu, 2 Juni 2021.

Pria yang kini akrab disapa Gus Ami ini mengajak seluruh stakeholder berkolaborasi memberikan perlindungan optimal kepada PMI. Di antara para PMI terdapat kelompok yang rentan, seperti orang tua, perempuan, hingga anak-anak.

Baca Juga: Politisi PDIP Dorong Penguatan Pancasila Mulai dari Desa

"saya kira rencana kepulangan 7.300 PMI harus diantisipasi dengan baik. Seluruh anggaran, SDM, ketersediaan APD terkait prokes, pembiayaan bagi mereka yang sakit, harus dikonsolidasikan dan dikordinasikan antar seluruh stakeholder," katanya.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa ini menekankan pentingnya menghadapi rencana kepulangan PMI dengan melakukan koordinasi antara pemerintah Indonesia dengan otoritas Malaysia terkait kelengkapan data PMI, termasuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah asal PMI.

Langkah-langkah kerja konkrit dalam memberikan perlindungan optimal terhadap PMI harus dilakukan, seperti mulai dari soal protokol kesehatan yang harus ketat, pendampingan terhadap PMI, menyelesaikan pengaduan yang mereka sampaikan, serta pada ujungnya pemberdayaan pasca mereka sampai daerah tujuan.

Baca Juga: Anggaran Kemenhub Terus Turun, DPR Khawatir RPJMN Tidak Tercapai

"Prinsipnya, semua langkah taktis dan strategis harus dilakukan untuk memberikan pelayan optimal. Pendataan yang jelas kepada PMI, kordinasikan dengan dinas terkait, lakukan pemberdayaan melalui program Desa Migran Produktif, dan berikan bantuan pemberdayaan memlaui program-program inkubasi bisnis," jelasnya.

Halaman:

Editor: Alfin Pulungan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x