Jokowi Resmikan Pabrik baja, Anggota DPR: Pemerintah Omdo Mau Setop Impor Baja

- 23 September 2021, 10:00 WIB
Jokowi Resmikan Pabrik baja, Anggota DPR: Pemerintah Omdo Mau Setop Impor Baja
Jokowi Resmikan Pabrik baja, Anggota DPR: Pemerintah Omdo Mau Setop Impor Baja /Foto: Biro Setpres

Pedoman Tangerang - Anggota Komisi Energi (Komisi VII) DPR RI, menyebut pemerintah selama ini hanya omong doang (omdo) ingin melindungi industri baja nasional.

Faktanya, kebijakan impor baja yang unfair dari berbagai negara masih berlangsung dan tidak diiringi dengan pemberlakuan Bea Masuk Anti-Dumping (BMAD).

Ia pun meminta pemerintah menghentikan impor baja yang sekarang membanjiri pasar domestik.

"Kalau baja dumping ini masih membanjiri pasar domestik kita, maka sekalipun sudah mampu memproduksi, tetap saja baja produk domestik kita akan kalah di pasar sendiri," kata Mulyanto dalam keterangannya di Jakarta, Kamis 23 September 2021.

Baca Juga: Anggota DPR Desak Pemerintah Awasi Ketat Penerapan TKDN Baja Konstruksi

Dua hari lalu, dengan Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik industri baja lembaran panas (hot strip mill/HSM) milik PT Krakatau Steel (Persero) Tbk di Cilegon, Banten.

Pabrik senilai Rp7,5 triliun tersebut diklaim sebagai pabrik baja yang menggunakan teknologi tercanggih kedua di dunia setelah pabrik yang menggunakan teknologi serupa dibangun di Amerika Serikat.

Mulyanto meminta pemerintah segera tetapkan langkah-langkah sistematis dan konsisten untuk meningkatkan daya saing produk baja nasional.

Di samping itu, pemerintah juga jangan membiarkan mafia impor baja merajalela menikmati keuntungan baja impor di atas ketersediaan baja domestik.

Halaman:

Editor: Alfin Pulungan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x