DPR Desak Pertamina Batalkan Penghapusan Premium dan Pertalite, Setuju?

- 30 Desember 2021, 09:30 WIB
DPR Desak Pertamina Batalkan Penghapusan Premium dan Pertalite, Setuju?
DPR Desak Pertamina Batalkan Penghapusan Premium dan Pertalite, Setuju? /Foto: Dok. Pertamina

Pedoman Tangerang - Anggota Komisi BUMN DPR RI, Amin Akram, mendesak Pertamina membatalkan rencana penghapusan bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Pertalite.

Penghapusan Premium dan Pertalite tersebut menurut dia tidak tepat dilakukan ditengah kondisi ekonomi sebagian besar masyarakat yang masih terpuruk.

"Dari proporsi konsumsi BBM berdasarkan jenisnya, konsumsi premium saat ini tidak banyak. Dan memang digunakan oleh kelompok masyarakat tertentu yang memang hanya mampu membeli BBM murah seperti tukang ojek, pengemudi angkutan kota, dan kelompok usaha skala mikro yang sedang memulihkan usahanya," kata Amin dalam keterangan tertulis, Kamis, 30 Desember 2021.

Menurut Amin, jika ada penyalahgunaan penggunaan oleh konsumen diluar kelompok bawah, maka yang harus dilakukan adalah pengaturan dan pengawasan yang ketat. Bukan justru menghapus sama sekali, karena ketersediaanya masih dibutuhkan masyarakat.

Anggota Komisi VI DPR RI, Amin Ak.
Anggota Komisi VI DPR RI, Amin Ak. Foto: Antara.

Baca Juga: Premium Dihapus, Harga Gas & Listrik Naik, DPR: Lagi Sulit Pemerintah Malah Cekik Rakyat

Lagi pula, kata dia, tingkat konsumsi bensin premium selama ini tidak besar. Berdasarakan data Pertamina, tahun 2020 lalu, secara nasional konsumsinya rata-rata hanya 23,9 ribu kiloliter per hari.

Sedangkan untuk Pertalite, Amin juga tidak setuju untuk dihapuskan. Menurutnya, agar ramah lingkungan, Pertamina bisa menaikkan angka oktannya dari 90 ke 91 sesuai ambang batas ideal BBM sesuai standar Euro4.

"Jadi harganya masih dibawah harga jenis Pertamax, agar lebih terjangkau masyarakat kelas menengah bawah," katanya.

Halaman:

Editor: Muhammad Alfin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah