Ekonomi Mandek karena Langkanya Kontainer, DPR Desak Pemerintah Ambil Terobosan

- 3 Desember 2021, 20:30 WIB
Ilustrasi: Pekerja melakukan bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat, 15 Mei 2020.
Ilustrasi: Pekerja melakukan bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat, 15 Mei 2020. /Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto

Pedoman Tangerang - Anggota Komisi VI DPR RI, Amin Ak, mendesak pemerintah melakukan terobosan baik jangka pendek maupun jangka panjang untuk mengatasi berlarut-larutnya kelangkaan kontainer.

Jika tidak segera diatasi, kelangkaan kontainer bisa mengancam proses pemulihan ekonomi Indonesia. Sebab, pertumbuhan ekonomi saat ini banyak ditopang oleh meningkatnya ekspor.

“Saya yakin sebetulnya kontainer kosong itu, tersedia dalam jumlah besar. Hanya masalahnya tidak ada data, ada di mana dan berapa jumlahnya,” kata Amin dalam keterangan tertulis yang diterima Pedoman Tangerang–jaringan Pikiran Rakyat–Jumat, 3 Desember 2021.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, saat ini kebutuhan kontainer untuk industri furnitur mencapai lebih dari 1.000 kontainer per bulan. Kemudian industri makanan dan minuman mencapai 4.000 kontainer per bulan.

Menurut Amin, kunci mengatasi kelangkaan kontainer adalah mengoptimalkan utilisasi perputaran (reposisi) peti kemas dengan mengupayakan pengeluaran/pemanfaatan peti kemas, agar peti kemas yang sudah kosong bisa segera digunakan kembali.

Baca Juga: Mengusung Konsep Ekonomi Kolaboratif, Kini 2 Tahun Sudah Pikiran Rakyat Meramaikan Media di Indonesia

Amin mengatakan terganggunya kelancaran arus barang ekspor dan impor Indonesia ekspor komoditas, bahkan juga mengancam kelangsungan produksi dan bisa berujung pada gelombang pemutusan hubungan kerja.

Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PKS, Amin Ak.
Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PKS, Amin Ak. Foto: dpr.go.id.

Untuk terobosan jangka pendek, Amin mendesak pemerintah mengoptimalkan kerjasama-kerjasama perdagangan baik secara bilateral dengan berbagai negara, maupun dalam konteks kawasan seperti kerjasama perdagangan ASEAN, Asia Pasifik, maupun dengan Uni Eropa.

Halaman:

Editor: Muhammad Alfin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x