Ekonomi Keluarga Makin Sulit, DPR: Konsumsi Menurun, Ekonomi Juga Menurun

- 25 Agustus 2021, 12:30 WIB
Ekonomi Keluarga Makin Sulit, DPR: Konsumsi Menurun, Ekonomi Juga Menurun
Ekonomi Keluarga Makin Sulit, DPR: Konsumsi Menurun, Ekonomi Juga Menurun /Foto: Diolah Pedoman Tangerang.

Pedoman Tangerang - Anggota Komisi Keuangan (Komisi XI) DPR RI, Anis Byarwati, mengatakan aspek yang mendorong pertumbuhan ekonomi pada Kuartal I 2021 adalah faktor konsumsi.

Faktor daya beli masyarakat ini memberi kontribusi paling besar untuk pertumbuhan ekonomi. Hal ini seiring dengan pelonggaran mobilitas sehingga masyarakat sudah mulai beraktivitas dengan baik.

Namun, ia mengkhawatirkan faktor konsumsi di Kuartal II saat ini. Pasalnya, sejak Juli lalu terdapat varian virus baru, yakni varian Delta yang mendorong pemerintah melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang kini berubah menjadi Level 4 dan 3.

PPKM yang masih berlangsung hingga saat ini menurut dia harus benar-benar diantisipasi oleh pemerintah, terutama untuk faktor konsumsi rumah tangga.

Baca Juga: PKS: Pemerintah Punya Target Ekonomi, Tapi Tak Punya Target Penanggulangan Pandemi

“Realita di lapangan yang saya lihat, kondisi ekonomi keluarga semakin sulit,” kata Anis dalam keterangan tertulis, Selasa, 24 Agustus 2021.

Berbagai masalah dalam program yang dilakukan pemerintah seperti bantuan sosial langsung, kata Anis, harus benar-benar dibenahi agar benar-benar tepat sasaran.

Wakil Ketua Fraksi PKS DPR ini juga memberi catatan untuk sector pertanian yang dilaporkan menurun.

Anis menegaskan bahwa sektor pertanian ini sangat vital bagi Indonesia terutama terkait dengan ketahanan pangan.

Halaman:

Editor: Alfin Pulungan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah