DPR Ingatkan Sri Mulyani Tak Berpuas Diri Atas Capaian Ekonomi, Negara Tetangga Jauh Lebih Tinggi

- 21 Januari 2022, 14:30 WIB
DPR Ingatkan Sri Mulyani Tak Berpuas Diri Atas Capaian Ekonomi, Negara Tetangga Jauh Lebih Tinggi
DPR Ingatkan Sri Mulyani Tak Berpuas Diri Atas Capaian Ekonomi, Negara Tetangga Jauh Lebih Tinggi /Foto: Dok DPR RI

Pedoman Tangerang - Anggota Komisi XI DPR RI, Anis Byarwati, menyoroti Produk Domestik Bruto (GDP) per kapita dalam rapat Evaluasi APBN dan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Tahun 2021 bersama Kementerian Keuangan, Rabu (19/1/2022).

Menurut Anis, ketika pemerintah ingin menilai kinerja ekonomi, maka akan lebih nampak capaiannya jika disandingkan dengan capaian negara lain. Untuk itu, dia meminta Sri Mulyani tak berpuas diri atas capaian ekonomi karena negara tetangga, seperti Malaysia, pertumbuhan ekonominya jauh lebih tinggi.

Anis mengemukakan data yang dikeluarkan oleh World Bank yang menyandingkan capaian GDP per kapita Indonesia dengan negara tetangga Malaysia dan Thailand.

Pada rentang tahun 1970-1996 (sebelum krisis moneter), grafik Indonesia melandai. Kalaupun ada kenaikan, naiknya hanya sedikit sekali. Sementara pertumbuhan ekonomi Malaysia dan Thailand meroket.

Baca Juga: Peringatan Bank Dunia Soal Ekonomi Global Ini Bikin Merinding, Ketimpangan Bakal Membesar

Pada 1996, GDP per kapita Indonesia hanya 1.100 USD, sementara Thailand menjadi 3.000 USD, dan Malaysia nyaris 5.000 USD.

Setelah krisis moneter pada rentang 1999-2011, Indonesia relatif bisa sama pertumbuhannya dengan Malaysia dan Thailand, di mana grafiknya terus naik.

Tahun 2012-2020, grafik kita melandai lagi. Sementara Malaysia dan Thailand, meski sempat turun naik, terus meroket. Pada tahun 2020, saat GDP Malaysia sudah di angka 10.400 USD per kapita per tahun dan Thailand sudah 7.000 USD, Indonesia masih di angka 3.800 USD.

"Perbandingan ini baik untuk evaluasi kesejahteraan masyarakat kita,” kata Anis yang kembali mengeluarkan keterangannya pada Kamis (20/1/2022).

Halaman:

Editor: Muhammad Alfin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x