Menko Airlangga Optimismis Perekonomian Tumbuh 5 Persen Diakhir Tahun

- 30 Desember 2021, 12:40 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. /Humas Setkab/Rahmat/

Pedoman Tangerang - Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV-2021 berada dalam kisaran 5,5%-6% year on year (yoy). Hal tersebut diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Beberapa hal yang akan mewujudkan prediksi pertumbuhan ekonomi di akhir 2021 tersebut seperti hal dengan melandainya kasus positif Covid-19.

Bahkan dirinya optimistis target tersebut bisa dicapai karena disokong oleh pemulihan ekonomi yang sudah terlihat.

Contohnya, beberapa indikator makro ekonomi mulai membaik dibandingkan kuartal III-2021. Pada periode awal kuartal IV-2021, yakni di bulan Oktober, Purchasing Managers Index (PMI) Manufaktur Indonesia berada di level 57,2.

Baca Juga: DPR Desak Pertamina Batalkan Penghapusan Premium dan Pertalite, Setuju?

Terkait pencapaian penerimaan perpajakan, tercatat sampai 26 Desember 2021 jumlah neto penerimaan pajak mencapai Rp 1.231,87 triliun atau menembus 100,19 persen dari target yang diamanatkan dalam APBN sebesar Rp 1.229,6 triliun.

“Jadi dari sisi penerimaan aman dan dari segi Indeks Keyakinan Konsumen juga kami berharap akan naik lagi di Triwulan IV,” tutur Menko Airlangga.

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan pemulihan ekonomi di kuartal IV-2021 akan berlangsung lebih baik, karena penurunan kasus Covid-19. Sehingga meningkatkan aktivitas perekonomian masyarakat.

Baca Juga: Premium Dihapus, Harga Gas & Listrik Naik, DPR: Lagi Sulit Pemerintah Malah Cekik Rakyat

Halaman:

Editor: Bustamil Arifin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x