Politisi PAN : Segera kucurkan Bansos, Kebijakan PPKM Banyak masyarakat Terdampak Ekonomi

- 27 Juli 2021, 22:00 WIB
Paket beras sebanyak 9.920 yang akan dibagikan kepada warga Kota Pekalongan yang terdampak pandemi Covid-19 selama PPKM Level 4.
Paket beras sebanyak 9.920 yang akan dibagikan kepada warga Kota Pekalongan yang terdampak pandemi Covid-19 selama PPKM Level 4. /Pemkot Pekalongan

Pedoman Tangerang - Anggota DPR RI dari Fraksi PAN mengaku prihatin dan kecewa karena belum banyak daerah yang mencairkan dana bantuan sosial.

Maka pemerintah daerah harus segera menuntaskan tugasnya merealisasikan mata anggaran bantuan sosial.

Masih rendahnya penyaluran bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak akibat virus Corona, terjadi karena belum berjalannya Koordinasi yang baik antar Pemerintah pusat dengan Pemda (Pemerintah Daerah) serta kurang responsifnya Pemerintah Daerah (Pemda) dalam memperbaharui Data penerima bantuan, ujar Politisi PAN ini.

Legislator asal Sumatera Barat itu menegaskan, seharusnya pemda lebih update mengenai data penerima bantuan sosial ini. Jangan sampai ada miskomunikasi, pemerintah daerah meminta konfirmasi ke pusat untuk data dan pencairan bantuan. 

Padahal pemerintah pusat sudah mendorong agar  bantuan sosial segera dicairkan.

Baca Juga: Mulai Hari Ini Tidak Adalagi Lagi Istilah Isoman, Gunakan Fasilitas Isoter

Pemda harus segera menggelontorkan anggaran untuk meringankan beban rakyat dan tampil menjadi yang terdepan melayani rakyatnya disaat  pandemi Covid -19 yang belum terkendali.

Saat ini kebijakan PPKM Darurat telah menimbulkan masalah ekonomi bagi kelompok yang terdampak dan rentan.

Pemerintah Daerah  itu kan  mempunyai anggaran  yang bersifat reguler, Belanja Tidak Terduga (BTT), maupun melalui realokasi mata anggaran lainnya.

Untuk itu, semestinya Pemda mempunyai atensi khusus dengan mengakselirisasi  pencarian mata anggaran untuk bantuan sosial baik tunai maupun non tunai segera direalisasikan. Sementara akurasi data penerima bantuan juga harus dibenahi.

Halaman:

Editor: Alfin Pulungan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x