Bansos BST Rp600 Ribu Segera Cair Kata Mensos, Cek Detailnya

- 5 Juli 2021, 21:14 WIB
Menteri Sosial, Tri Rismaharini (tengah) mengabarkan Pemerintah Indonesia akan segera mencairkan bantuan sosial (bansos) sebesar Rp600.000 di masa PPKM darurat dalam waktu dekat ini.
Menteri Sosial, Tri Rismaharini (tengah) mengabarkan Pemerintah Indonesia akan segera mencairkan bantuan sosial (bansos) sebesar Rp600.000 di masa PPKM darurat dalam waktu dekat ini. /Reno Esnir/ANTARA FOTO

Pedoman Tangerang - Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan dalam rangka percepatan program perlindungan sosial di masa PPKM Darurat, pihaknya bakal segera mencairkan bantuan sosial (bansos) sebesar Rp600 Ribu.

Risma mengungkapkan, pekan ini atau paling lambat pekan depan bansos sudah dapat tersalurkan.

“Pada Mei dan Juni akan diberikan Rp600 ribu sekaligus. Tapi saya minta jangan diijonkan (digadai) dan hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok saja,” ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Baca Juga: Simak! Cara Cek Data Penerima Bansos 300 Ribu di Bulan Juli

Risma menambahkan, menindaklanjuti arahan Presiden, Menteri Sosial Tri Rismaharini siap mempercepat pencairan bantuan sosial untuk masyarakat terdampak pandemi COVID-19.

Menurut Risma, data penerima bansos sempat terkendala oleh bank.

Hal ini dikarenakan nama yang tercantum pada data bank tidak persis sama dengan data milik Kementerian Sosial yang sudah sesuai dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Di bank itu nama minimal 3 huruf dan tidak berbentuk angka, seperti nama 'IT', NA70, namun untuk kesalahan minor lainnya masih bisa dikoordinasikan,” imbuh Risma.

Baca Juga: Buruan Cek Bansos BPUM serta BLT UMKM 2021, dan Catat Cara Pencariannya

Presiden menginstruksikan untuk Program Keluarga Harapan (PKH) agar pencairannya dimajukan pada triwulan ketiga di bulan Juli. Dengan harapan, bisa membantu masyarakat terdampak pandemi.

Halaman:

Editor: Rahman Sugidiyanto

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x