Menurut OJK Paylater Bagus Untuk Bisnis, Sejumlah Bank Ikut Merambah Sektor Paylater

- 18 September 2023, 19:30 WIB
Menurut OJK Paylater Bagus Untuk Bisnis, Sejumlah Bank Ikut Merambah Sektor Paylater
Menurut OJK Paylater Bagus Untuk Bisnis, Sejumlah Bank Ikut Merambah Sektor Paylater /Pixabay/mohamed_hassan/

Pedoman Tangerang - Jumlah pemakai produk keuangan Buy Now Pay Later (BNPL) atau paylater saat ini sudah melampaui pemakai kartu kredit.

Pemakaian tersebut semakin marak di Indonesia. Bahkan industri perbankan pun tidak mau kalah dan telah mengikuti bisnis paylater. 

Terdapat dua bank besar yang mengumumkan akan merambah ke bisnis tersebut, yaitu yakni bank pelat merah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) dan PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA) pada tahun ini.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun melihat hal tersebut baik untuk bisnis. Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Frederica Widyasari Dewi menjelaskan bahwa yang terpenting masyarakat harus teredukasi supaya mempunyai pemahaman terkait pemakaian paylater.

Baca Juga: KUR BSI 2023 Anti Riba, Program Bagi UMKM Untuk Memperoleh Modal Usaha Dan Investasi

"Kalau (bank ikut masuk ke bisnis paylater) secara bisnis bagus-bagus saja, yang penting masyarakat tahu untuk pemakaiannya aja. Makanya anak muda harus kita edukasi supaya mereka tidak hidup besar pasar dari tiang, itu ngeri banget," tuturnya setelah melansir dari CNBC Indonesia pada, 15 September 2023 lalu.

OJK sebelumnya mendata kredit bermasalah atau nonperforming loan (NPL) layanan BNPL per April 2023 hingga 9,7% atau di atas batas aman 5%. Menurut usia, rentang umur muda 20 hingga 30 tahun menyumbang 47,78% terhadap rasio NPL BNPL.

Friderica yang akrab disapa Kiki menanggapi hal tersebut, menyebut tingkat inklusi keuangan pada rentang umur muda tersebut sesungguhnya telah mencapai sekitar 86% atau tergolong tinggi. Tingkat tersebut juga selalu naik dari tahun ke tahun, namun tidak diikuti dengan peningkatan tingkat literasi keuangan.

Halaman:

Editor: Abdul Majid


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah