Sedang Kembangkan Teknologi AI, Saham Apple Mengalami Kenaikan

- 24 Juli 2023, 14:00 WIB
Sedang Kembangkan Teknologi AI, Saham Apple Mengalami Kenaikan
Sedang Kembangkan Teknologi AI, Saham Apple Mengalami Kenaikan /Reuters

Pedoman Tangerang – Apple salah satu produsen teknologi terbesar di dunia saat ini sedang mengembangkan teknologi AI, atau kecerdasan buatan.

Pengembangan teknologi AI diharapkan dapat menyerupai ChatGPT secara internal, hal tersebut membuat saham Apple mengalami kenaikan, Pada Rabu 19 Juli 2023.

Perlu diketahui bahwa pada paruh pertama perdagangan Wall Street, saham Apple naik sekitar 1% pada Rabu waktu setempat. Saham Apple sempat mencapai US$198 atau Rp 29,62 juta per lembar.

Saat ini Apple masih menjadi perusahaan paling berharga di dunia, dengan kapitalisasi pasar tembus US$ 3,07 triliun atau setara dengan Rp 46.050 triliun (asumsi kurs Rp 15.000/US$). Sebagai gambaran, valuasi Apple tersebut 4,65 kali lebih besar dari total kapitalisasi pasar Bursa Efek Indonesia (BEI).

Baca Juga: 10 Rekomendasi HP 2 Jutaan, RAM 4 GB Dan Kapasitas Baterai Besar

Hadirnya AI besutan Apple tersebut menandakan bahwa perusahaan yang digagas Steve Jobs ini menganggap serius kemajuan terbaru dalam teknologi. Apple dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk mengintegrasikannya ke dalam produk berikutnua.

Selama setahun terakhir, para teknolog dan investor terpikat pada ‘large language models’ (LLM). Ini adalah sebuah teknologi AI yang dapat menghasilkan teks atau kode yang terlihat seperti yang ditulis manusia. Fitur ini yang dipakai oleh ChatGPT.

Apple memiliki fondasi internal untuk AI yang disebut “Ajax”. Adapun tim software engineernya telah membuat chatbot yang oleh beberapa orang disebut “Apple GPT”.

Halaman:

Editor: Abdul Majid


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x