Mengenal Abenomics, Warisan Shinzo Abe yang Menyelamatkan Perekonomian Jepang

- 14 Juli 2022, 07:30 WIB
Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ditembak dengan senjata api.
Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ditembak dengan senjata api. //Instagram/@shinzoabe/

Pedoman Tangerang – Meninggalnya Shinzo Abe, Mantan Perdana Menteri Jepang yang dikarenakan insiden penembakan di Kota Nara, Jepang pada hari Jumat, 8 Juli 2022, membuat para Warga Jepang merasa sangat kehilangan.

Hal itu ternyata dikarenakan Shinzo Abe sudah dianggap pahlawan oleh Warga Jepang. Hal itu disebabkan inovasi perekonomian yang diciptakan oleh Abe sehingga menyelamatkan perekonomian Negeri Sakura itu dari masa-masa inflasi yang saat itu telah berlangsung selama dua dekade.

Inovasi tersebut dinamakan Abenomics. Abenomics adalah sebuah kebijakan peningkatan peredaran jumlah uang di Negara Jepang. Sehingga membuat pemerintah meningkatkan pengeluarannya, dengan begitu ekonomi negara matahari terbit itu menjadi lebih kompetitif.

Baca Juga: Merasa Sangat Kehilangan, Banyak Warga Jepang yang Menghadiri Acara Pemakaman Abe

Baca Juga: Apa Penyebab Yamagami Tega Membunuh Abe? Inilah Pengakuan yang Sebenarnya

Mantan Menteri Jepang itu juga memfokuskan stabilitas ekspor dan impor. Ia juga melakukan perbaikan dengan tiga unsur penting. Yaitu mencetak mata uang tambahan, merangsang permintaan, dan mendorong Industri Jepang supaya menjadi lebih kompetitif.

Tujuan pencetakan uang tambahan yang diedarkan kepada Masyarakat Jepang bertujuan supaya meningkatkan inflasi moderat. Dengan cara itu, harga produk-produk buatan Jepang menjadi lebih terjangkau bagi masyarakat. Karena inflasi telah ditekan sebesar dua persen.

Shinzo Abe menjabat sebagai Perdana Menteri Jepang yang dilantik pada tanggal 26 Desember 2012. Namun pada tahun 2022, ia mengundurkan diri dikarenakan penyakit usus yang sudah lama dideritanya.***

Editor: Muhammad Alfin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah