Prihatin Soal Pungli, Direktur APINDO: Pungli Seolah Sudah Jadi Sesuatu yang Alami di Indonesia

- 9 November 2021, 21:00 WIB
Danang Girindrawardana, Direktur Eksekutif APINDO
Danang Girindrawardana, Direktur Eksekutif APINDO /Dok. Pribadi/

Pedoman Tangerang – Danang Girindrawardana selaku Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) mengatakan kalau maraknya pungutan liar (Pungli) di indonesia seolah sudah menjadi sesuatu yang alami.

Hal itu ia sampaikan di forum diskusi online via meeting Zoom dengan tema ‘Pungutan Liar dan Kebebasan Berusaha Sudah Dibuka’ pada Jumat, 05 November 2012.

Danang menjelaskan bahwa pungli sampai saat ini masih marak terjadi salah satunya pada para pelaku usaha, pungli bisa berasal dari komponen masyarakat atau dari oknum aparat dan ini menjadi sebuah penyakit di masyarakat yang akan terus terjadi.

Baca Juga: Menyambut Hari Pahlawan Nasional, Foto Roehana Koeddoes Dijadikan Google Doodles

“… Pungli akan menjadi sesuatu yang alami dan budaya di indonesia…”ujar Danang.

 “Tapi juga terjadi pungli yang dilakukan oleh oknum-oknum aparat. Nah oknum aparat ini memiliki dalih atau modus yang sedikit berbeda dalam pungli-pungli seperti itu. Kalau kasusnya cukup besar misal pungli di pelabuhan, pungli di kontainer, pungli di biaya pembuatan sim atau perpanjangan STNK,” tambahnya.

Menurut Danang yang juga pernah menjadi Ketua Ombudsman Republik Indonesia 2011-2016, masyarakat juga apatis dalam melaporkan kejadian pungli di lapangan.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 9 November 2021, Andin dalam Bahaya Usai Angga Cek CCTV

Banyak juga masyarakat yang tidak mau ribut untuk melaporkan pungli mulai dari yang paling kecil, hal itu kemudian menimbulkan sikap pasrah dan apatis dari masyarakat ketika melihat kejadian pungli.

Halaman:

Editor: R. Adi Surya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah