Pertamina Ambil Alih Blok Rokan, DPR Minta Tingkatkan Kinerja Lifting Blok Migas

- 9 Agustus 2021, 17:00 WIB
Pertamina Ambil Alih Blok Rokan, DPR Minta Tingkatkan Kinerja Lifting Blok Migas
Pertamina Ambil Alih Blok Rokan, DPR Minta Tingkatkan Kinerja Lifting Blok Migas /Foto: Antara.

Pedoman Tangerang - Anggota Komisi Energi (Komisi VII) DPR RI, Mulyanto, meminta PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) dapat meningkatkan kinerja lifting blok migas menyusul beralihnya pengelolaan Blok Rokan dari PT Chevron Pasific Indonesia ke PHR.

"Kita tahu blok Rokan ini adalah sumur tua yang menjadi saksi kejayaan migas nasional. Blok Rokan pernah menghasilkan minyak hingga tembus 1 juta barel per hari. Namun belakangan secara alamiah terus mengalami penurunan," kata Mulyanto dalam keterangan tertulis, Senin, 9 Agustus 2021.

Dengan mengakuisisi blok Rokan ini, maka praktis Pertamina menjadi BUMN hulu migas yang paling dominan dari total lifting minyak nasional.

Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PKS, Mulyanto.
Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PKS, Mulyanto. Foto: pakmul.id.

Mulyanto berharap aksi korporasi ini diikuti dengan pembentukan manajemen yang andal. Apalagi Dirut PHR ini bukan orang dalam Pertamina.

Baca Juga: DPR Minta Jokowi Bentuk Perpres Lifting Minyak 1 Juta Barel per Hari

"Ada sisi positif dimana dirut PHR berasal dari SKK Migas. Paling tidak berbagai program perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kinerja blok rokan menjadi lebih akurat. Selain itu program kerja akan semakin terpantau dan terevaluasi oleh SKK Migas, melalui komunikasi dan koordinasi yang semakin lancar," ujar Mulyanto.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera ini menambahkan Pertamina perlu mengembangkan investasi untuk peningkatan dan penerapan teknologi pengeboran yang terbukti efektif dan efisien seperti teknologi enhanced oil recovery (EOR).

Hal ini perlu dilakukan untuk mempertahankan kinerja lifting yang sekarang ada.

Halaman:

Editor: Alfin Pulungan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah