ASPEK Minta Pemerintah Pikirkan Ulang Rencana Perpanjang PPKM Darurat

- 19 Juli 2021, 20:14 WIB
Ketua ASPEK Indonesia Mirah Sumirat meminta pemerintah memikirkan ulang rencana perpanjangan PPKM Darurat karena melihat tidak ada kesiapan pemerintah dalam memberikan bantuan yang cukup bagi masyarakat Indonesia.
Ketua ASPEK Indonesia Mirah Sumirat meminta pemerintah memikirkan ulang rencana perpanjangan PPKM Darurat karena melihat tidak ada kesiapan pemerintah dalam memberikan bantuan yang cukup bagi masyarakat Indonesia. /Foto: Instagram @aspek_indonesia.

Pedoman Tangerang - Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK Indonesia) meminta Pemerintah untuk memikirkan ulang rencana memperpanjang PPKM Darurat hingga akhir Juli 2021.

Ketua ASPEK, Mirah Sumirat, meragukan pemerintah dapat memenuhi kebutuhan masyarakat kecil yang selama berlakunya program tersebut menjadi kalangan yang paling banyak terdampak.

"Pemerintah harus benar-benar mempersiapkan dan menyalurkan bantuan pangan jika ingin memperpanjang PPKM Darurat," kata Mirah dalam keterangannya, Senin 19 Juli 2021.

Kekhawatiran Mirah terhadap perpanjangan PPKM Darurat tersebut berkaca pada teroiriki ekonomi masyarakat selama PPKM pertama berjalan.

Baca Juga: Dukung PPKM Darurat, KSPI Minta Perusahaan Sediakan Alat Prokes untuk Buruh

Ia menyebutkan banyak perusahaan yang mengalami kesulitan mendapatkan penghasilan karena jadwal operasional perusahaan menjadi lebih sedikit akibat pembatasan.

"Kalaupun perusahaan tidak melakukan PHK, namun banyak perusahaan yang merumahkan pekerjanya dan tidak membayar upah sesuai yang seharusnya. Pada akhirnya, karena tidak lagi memiliki penghasilan, maka rakyat akan mengalami kemiskinan dan kelaparan," jelas Mirah.

Saat ini, kata Mirah, masyarakat yang semula berada di kelas menengah juga mulai terdampak karena ada yang di-PHK dan ada yang dipotong upahnya. Jika kelas menengah saja sudah mulai merasakan kesulitan, maka masyarakat yang di kelas bawah sudah pasti merasakan dampak yang lebih buruk.

Baca Juga: PPKM Darurat Bakal Diperpanjang, KSPI: Ancaman PHK di Depan Mata

Halaman:

Editor: Alfin Pulungan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x