Pemerintah Perlu Tingkatkan Keandalan Listrik untuk Siaga Covid

- 8 Juli 2021, 10:33 WIB
Ilustrasi: Pekerja melakukan perawatan dan perbaikan kabel Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi (SUTET) di kawasan Penjaringan, Jakarta, Rabu, 3 Juli 2019.
Ilustrasi: Pekerja melakukan perawatan dan perbaikan kabel Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi (SUTET) di kawasan Penjaringan, Jakarta, Rabu, 3 Juli 2019. /Foto: Antara.

Pedoman Tangerang - Menghadapi peningkatan kasus penyebaran Covid-19, Anggota Komisi Energi (Komisi VII) DPR RI Mulyanto meminta PLN menjaga sistem operasional layanannya.

Saat ini peran PLN sangat dibutuhkan oleh berbagai instansi yang sedang berjuang menanggulangi pandemi Covid-19.

Jadi sudah sepatutnya PLN menjaga ketersediaan listrik secara andal agar proses penanggulangan tersebut dapat berjalan dengan baik.

"Seperti kita ketahui bahwa jumlah kasus positif Covid-19 sudah mendekati angka 40.000 per hari dan korban meninggal sudah menembus angka 1.000 orang per hari. Untuk itu PLN perlu memikirkan cara agar layanan listrik ke rumah sakit rujukan Covid-19 terpenuhi dengan baik," kata Mulyanto dalam keterangannya kepada Pedoman Tangerang, Kamis, 8 Juli 2021.

Baca Juga: Pemerintah Instruksikan PLN Berikan Diskon Tarif Listrik Selama PPKM Darurat, Simak Rinciannya

Politikus Partai Keadilan Sejahtera ini mengimbuhkan, dukungan listrik PLN juga sangat dibutuhkan bagi produsen gas oksigen untuk keperluan medis.

Selama ini produktivitas industri gas oksigen sangat bergantung pada keandalan listrik PLN. Ini terkait dengan instrumentasi elektrik sistem produksi gas oksigen.

Bila terjadi gangguan terhadap listrik PLN maka secara langsung sistem produksi gas oksigen juga akan terganggu.

Di Indonesia ada 6 industri utama penghasil gas oksigen nasional yakni, Samator Group, LINDE Indonesia, Petrokimia Gresik, Air Products Indonesia, Air Liquide Indonesia, dan Iwatani Industrial Gas Indonesia, yang pabriknya tersebar dari Banten sampai Surabaya, dimana total gas oksigen yang dihasilkan sebesar 640 juta ton per tahun dengan kapasitas industri 74 persen.

Baca Juga: PLN Beri Diskon Kepada Kalangan ini Mulai Juli Hingga September 2021, Simak Penjelasannya

Halaman:

Editor: Alfin Pulungan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x