Anis: Program Pemulihan Ekonomi Belum Sentuh 64 Juta UMKM Secara Maksimal

- 29 Juni 2021, 20:04 WIB
Ilustrasi UMKM.
Ilustrasi UMKM. /Foto: Voice of Indonesia.

Pedoman Tangerang - Anggota Komisi XI DPR RI, Anis Byarwati, menyoroti upaya Bank Indonesia (BI) dalam mendorong pembiayaan UMKM. Menurutnya, poin tentang UMKM ini sudah sering dibahas dalam rapat-rapat DPR dengan BI, namun realisasi perbaikannya belum nampak signifikan.

“Kita juga mengetahui bahwa UMKM yang jumlahnya 64,2 juta unit di seluruh Indonesia, belum tersentuh maksimal termasuk di dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional,” kata Anis dalam keterangannya, Selasa, 29 Juni 2021.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera ini menyampaikan data bahwa 70 persen pembiayaan UMKM berasal dari pembiayaan mandiri, dan 30 persen dari pembiayaan lain termasuk diantaranya perbankan.

“Jadi kalau pembiayaan untuk UMKM masih mengandalkan perbankan, belum bisa mengangkat kondisi UMKM kita,” ujarnya.

Baca Juga: Ketua DPD RI Apresiasi BI Promosikan Produk UMKM Indonesia ke Jepang

Anis menyampaikan keluhan para pelaku UMKM yang sering didapatinya di lapangan, menyatakan bahwa selama masa pandemi belum pernah mendapatkan bantuan pembiayaan atau bahkan belum pernah mendengar informasi tentang adanya pembiayaan untuk mereka.

“Saya memberi apresiasi kepada Bank Indonesia yang memiliki binaan UMKM dan mengurusnya dengan baik. Memberikan pendampingan tidak hanya memberikan modal. Tetapi pembinaan yang dilakukan belum merata,” kata dia.

Wakil Ketua BAKN DPR RI, Anis Byarwati singgung  laporan BKN
Wakil Ketua BAKN DPR RI, Anis Byarwati singgung laporan BKN Foto: Dok. PKS.

Dengan arah kebijakan yang telah ditetapkan BI, Anis berharap hal ini bisa menjadi daya dorong untuk pemulihan ekonomi pelaku UMKM dan mendorong tingkat literasi mereka. Sebagaimana diketahui, literasi pelaku UMKM masih terhitung sangat rendah. Demikian juga dengan Pendidikan mereka yang kebanyakan berpendidikan rendah.

Halaman:

Editor: Alfin Pulungan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x