DPR Mau Indonesia Kembali Jadi Sentra Komoditas Rempah

- 19 Juni 2021, 16:17 WIB
Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Nasdem, Rahmat Gobel, dalam Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR di Tangerang, Banten, Jumat, 18 Juni 2021.
Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Nasdem, Rahmat Gobel, dalam Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR di Tangerang, Banten, Jumat, 18 Juni 2021. /Foto: Dok. DPR RI.

Pedoman Tangerang - Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel mengatakan potensi rempah-rempah yang ada di Indonesia bisa dimanfaatkan untuk menunjukkan keunggulan produk dalam negeri.

Momen pandemi menurut dia harus dijadikan peluang untuk meningkatkan rempah-rempah yang dapat diolah menjadi obat tradisional.

“Dulu Belanda menjajah Indonesia hanya untuk menguasai rempah-rempah, tidak seperti sekarang. Rempah-rempah ini sangat dibutuhkan saat kondisi pandemi seperti sekarang ini untuk obat," kata Rahmat dalam Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR di Tangerang, Banten, Jumat, 18 Juni 2021.

Baca Juga: Ananta Wahana Pastikan DPR Terus Dorong BUMN Bantu Pulihkan Ekonomi Rakyat

Dengan meningkatkan nilai rempah-rempah, Rahmat mengatakan Indonesia memiliki kesempatan untuk bangkit secara ekonomi. Ia berharap Indonesia mampu membangkitkan kembali nilai ekonomi rempah-rempah seperti sedi kala di mana negeri ini menjadi sentral tanaman obat tersebut.

Politisi NasDem ini pun menyebut bahwa Presiden Joko Widodo menginginkan adanya pertumbuhan ekonomi tidak hanya di tengah, melainkan berkembang di pinggir wilayah Indonesia yang mulai di desa-desa.

Adapun rempah-rempah merupakan komoditas yang banyak tumbuh di pedesaan. Membangkitkan kembali nilai rempah-rempah tentu mengiringi pertumbuhan ekonomi dipinggiran.

Baca Juga: DPR: Pemerintah Tak Konsisten, Impor Migas Makin Meroket

"Dari Desa inilah kita bisa memperdayakan sejumlah hasil produk menjadi dari tingkat desa menjadi global,” kata Rahmat.***

Editor: Alfin Pulungan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x