15.000 Pakar Prediksi Kiamat Makin Dekat, Jadwalnya Sudah Ada?

- 13 Desember 2023, 08:00 WIB
15.000 Pakar Prediksi Kiamat Makin Dekat, Jadwalnya Sudah Ada
15.000 Pakar Prediksi Kiamat Makin Dekat, Jadwalnya Sudah Ada /Pixabay/Luminas_Art/

Pedoman Tangerang – Lebih dari 15 ribu ilmuwan telah menandatangani makalah mengenai perubahan iklim di Bumi, dengan perkiraan potensi bencana global pada akhir abad ini.

Makalah baru tersebut baru diterbitkan di jurnal BioScience, melibatkan ribuan ilmuwan dari 161 negara yang menandatanganinya.

Perubahan iklim sedang berlangsung dengan cepat, dan para ilmuwan memperingatkan bahwa kehidupan Bumi tengah menghadapi ancaman serius.

“Selama beberapa dekade, para ilmuwan secara konsisten memperingatkan masa depan yang ditandai dengan kondisi iklim ekstrem karena meningkatnya suhu global yang disebabkan oleh aktivitas manusia yang melepaskan gas rumah kaca berbahaya ke atmosfer,” tulis makalah tersebut, dikutip dari Futurism, Senin 11 Desember 2023.

Baca Juga: Cuci Hidung bisa Keluarkan Debu, Polusi, dan Virus

Peneliti pascadoktoral Oregon State University (OSU) dan salah satu penulis utama studi Christopher Wolf mengungkapkan potensi Bumi di masa depan. Termasuk risiko bencana kekurangan makanan dan air bersih.

Studi tersebut mengungkapkan soal sejumlah data mengejutkan. Misalnya pada 2023, banyak rekor iklim pecah dengan margin yang sangat besar.

Salah satu yang dirujuk oleh para peneliti adalah terkait musim kebakaran hutan Kanada yang sangat aktif tahun ini. Kejadian tersebut menunjukkan titik kritis menuju rezim kebakaran baru.

Halaman:

Editor: Abdul Majid


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x