M Qodari: Mahfud Mundur untuk Mendelegitimasi Presiden Jokowi

- 2 Februari 2024, 18:30 WIB
M Qodari: Mahfud Mundur untuk Mendelegitimasi Presiden Jokowi
M Qodari: Mahfud Mundur untuk Mendelegitimasi Presiden Jokowi /

Pedoman Tangerang - Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari, memberikan tanggapan terhadap langkah resmi Mahfud MD yang mengundurkan diri sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Qodari menilai bahwa pengunduran diri Mahfud MD dari Kabinet Indonesia Maju (KIM) merupakan salah satu agenda untuk mendelegitimasi Presiden Jokowi.

Menurutnya, tindakan Mahfud tersebut merupakan bagian dari rangkaian peristiwa yang bertujuan untuk melemahkan pengaruh Presiden Jokowi dalam Pilpres 2024.

Baca Juga: Heboh Baliho Adian Napitupulu Dianggap Beda, Ternyata Sosok Kader Ini Diduga Pelakunya, Siapa?

“Mundurnya Pak Mahfud ini saya kira adalah bagian dari upaya untuk tadi menyerang, juga mendelegitimasi lah tepatnya gitu,” ujar Qodari dikutip dari channel Youtube Cokro TV, Jumat 2 Februari 2024.

Dikatakan Qodari, akhir-akhir ini serangan terhadap Presiden Jokowi cukup masif khususnya dari kubu pendukung atau simpatisan capres cawapres nomor 03. Serangan itu lantaran kecewa terhadap langkah politik Jokowi yang tidak mendukung Ganjar Pranowo menjadi presiden.

“Meningkatnya memang serangan-serangan kepada Pak Jokowi, serangan-serangan yang disebabkan oleh kekecewaan atau emosi terhadap Pak Jokowi yang tidak kemudian mendukung Ganjar atau calon yang didukung oleh PDIP begitu,” ucapnya.

Baca Juga: Dukungan Maruarar Perkuat TKN, Pengamat: Rugikan PDIP, Untungkan Prabowo-Gibran

Qodari melihat ada usaha-usaha untuk mendowngrade kepemimpinan Presiden Jokowi. Misalnya, ujaran Butet Kartaredjasa yang menyisipkan kata binatang terhadap Presiden Jokowi saat membacakan pantun di panggung rakyat Ganjar-Mahfud di Kulonprogo, Yogyakarta.

Halaman:

Editor: Bustamil Arifin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x