Bansos BPNT dan PKH Tahap 1 Tahun 2024 Kapan Cair? Ini Rincian yang Didapat dan Jadwal Pencarian

- 1 Februari 2024, 16:36 WIB
Bansos BPNT dan PKH Tahap 1 Tahun 2024 Kapan Cair? Ini Rincian yang Didapat dan Jadwal Pencarian.
Bansos BPNT dan PKH Tahap 1 Tahun 2024 Kapan Cair? Ini Rincian yang Didapat dan Jadwal Pencarian. /Media Purwodadi/Hana Ratri./

Pedoman Tangerang - Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), atau yang dikenal sebagai bansos sembako, merupakan inisiatif pemerintah Indonesia yang secara khusus diciptakan untuk memberikan dukungan kepada keluarga miskin.

Dengan fokus pada pemberian bantuan pangan langsung, program ini bertujuan utama untuk meringankan beban ekonomi keluarga kurang mampu dan menjadi bagian integral dari strategi pemerintah dalam mengatasi masalah kemiskinan.

Lantas kapan bansos BPNT dan PKH tahap 1 Tahun 2024 cair?

Keluarga penerima manfaat (KPM) yang menerima bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahun ini tidak akan menerima bantuan beras El Nino 10 kg.

Baca Juga: Ambil Dana Kaget 75 Ribu Hari Ini, Kamis 1 Februari 2023, Saldo Langsung Cair Tanpa Ribet Di Sini

Saat ini pemerintah sedang menyalurkan bantuan beras El Nino 10 kg hingga bulan Juni 2024 mendatang. Seperti diketahui, bantuan beras El Nino mulai disalurkan oleh pemerintah kepada masyarakat yang terdampak fenomena El Nino sejak September 2023.

Akan tetapi, ada perbedaan pada penyaluran bantuan 10 kg di tahun 2024 ini. Sebelumnya di tahun 2023, mayoritas para penerima bantuan 10 kg terdiri dari KPM bansos PKH dan BPNT.

Baca Juga: Alhamdulillah, Ada Bansos Pengganti BLT El Nino Cair Februari Ini: Cek Info Pencairan di sini

Ini karena sumber data pencairan di tahun 2023 berasal dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikelola oleh Kementerian Sosial (Kemensos). Pada tahun 2024 ini penyaluran bantuan BLT El Nino tidak berpatokan pada data DTKS lagi, melainkan kepada pensasaran penghapusan kemiskinan ekstrem.

Untuk memeriksa status penerimaan bansos BPNT 2024, masyarakat dapat:

  • Memasukkan alamat sesuai dengan detail di KTP.
  • Menginput nama lengkap yang tertera di KTP.
  • Memasukkan kode captcha yang ditampilkan.
  • Mengklik tombol 'Cari Data' untuk melihat hasil pencarian.

Untuk mendapatkan informasi ter-uptodate dari Pedoman Tangerang silahkan klik dibawah ini.***

Editor: Bustamil Arifin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah