15 Tips Mengatur Uang Ala Raditya Dika, Biar Cepet Bebas Finansial

- 26 Desember 2021, 19:45 WIB
Raditya Dika
Raditya Dika /

Pedoman Tangerang - Siapa yang tak kenal sosok Raditya Dika? Raditya Dika atau yang lebih akrab disapa Radit adalah komedian Indonesia yang terkenal lewat ajang Stand Up Comedy.

Tak hanya itu, ia juga merupakan seorang penulis dan youtuber. Sebagai seorang youtuber, ia pun telah mendulang sukses yang tinggi. Jumlah subscriber nya saat ini berjumlah 9,6 juta subscriber.

Sebagai penulis, ia juga sukses pembius pembaca untuk membeli serta membaca karya-karyanya. Telah banyak buku yang diterbitkan oleh Radit. Beberapa diantaranya bahkan juga telah difilmkan / dibuat series.

Sedikitnya ada 5 buku Radit yang sudah difilmkan, diantaranya: (1) Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh; (2) Cinta Brontosaurus; (3) Manusia Setengah Salmon; (4) Marmut Merah Jambu; dan (5) Koala Kumal.

Tak puas mengeksplorasi diri, Radit pun merambah dunia sinema dengan menjadi aktor dan sutradara. Salah satunya juga dalam film yang diangkat dari bukunya. Ia bermain di film 'Cinta Brontosaurus'.

Perjalanan sukses karir seorang Raditya Dika bukanlah tanpa proses. Sedari kecil Radit gemar menulis dan eksplorasi diri. Salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesannya juga adalah lifestyle dia dalam mengatur keuangan.

Dalam hal ini, Radit juga banyak belajar dari pendidikannya di University of Adelaide. Disana ia mengambil jurusan Finance. Tak heran jika Radit pandai mengelola keuangannya. Perihal finansial, Radit memiliki tips untuk pembaca sekalian tentang cara mengatur uang. Dilansir dari instagram @mebiso, tips mengatur uang ala Raditya Dika antara lain:

1) Keluarkan uang untuk membeli pengalaman, bukan untuk membeli barang
2) Pelajari instrumen investasi dan hubungannya dengan tujuan finansial
3) Banyak penghasilan bukan berarti banyak pengeluaran
4) Fokus ke penghasilan. Jangan cuma fokus ke penghematan
5) Beli barang pikirkan cost per use
6) Punya budget manajemen keuangan
7) Usahakan kalau belanja sendirian
8) Temukan pasangan yang perilakunya terhadap uang sehat
9) Harus tahu bahwa waktu adalah teman terbaik untuk investasi
10) Beli barang buat diri sendiri bukan untuk orang lain
11) Uang keluar harus lebih sedikit dari uang masuk
12) Mempunyai prinsip jangan berhutang jika mampu
13) Bayar pajak dan donasi
14) Hubungan dengan uang adalah kebiasaan
15) Kalau bisa, bayar sesuatu cash.

Nah itulah 15 tips mengatur uang ala Raditya Dika. Jika dapat disimpulkan, tips mengatur uang yang baik adalah yang minim pengeluaran, keluarkan untuk hal-hal yang diperlukan, jangan lupa investasi, donasi, dan bayar kewajiban, serta hindari hutang dan kredit jika bisa.

Selain itu, Radit juga menekankan 'investasi' sebagai salah satu financial management. Menurutnya, investasi adalah sarana untuk mencapai tujuan keuangan. Maka investasi penting untuk dilakukan.

Halaman:

Editor: Ahmad Rafid Fadli Mukhtar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x