Menyoroti Langkah Erick Thohir Angkat Hendi Prio Jadi Dirut MIND ID

- 22 November 2021, 13:30 WIB
Dirut MIND ID, Hendi Prio Santoso
Dirut MIND ID, Hendi Prio Santoso /Foto: Istimewa

Pedoman Tangerang - Menteri BUMN Erick Thohir baru saja menunjuk Hendi Prio Santoso sebagai Direktur Utama Mining Industry Indonesia (MIND ID). Dia sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Posisi Direktur Utama Holding BUMN Pertambangan itu sebelumnya dijabat oleh Orias Petrus Moedak.

Pengamat BUMN, Kiki Rizki Yoctavian, menilai langkah Erick Thohir merupakan respons cepat tanggap atas pernyataan Presiden Joko Widodo tentang rencana pemerintah menghentikan ekspor komoditas nikel dan tambang lain dalam bentuk mentah, seperti bauksit dan tembaga.

“Bisa jadi itu merupakan terjemahan visi dari Presiden Joko Widodo dalam konteks transformasi ekonomi pada hilirisasi nilai tambang,” kata dia kepada wartawan, Senin, 22 November 2021.

“Maka setelah holding tambang dilakukan pergantian kepengurusan kini BUMN yang tergabung akan diselaraskan gerak langkahnya,” sambungnya.

Pergantian Dirut MIND ID, diyakini Kiki, juga sebagai langkah memperbaiki kinerja BUMN pertambangan yang selama ini kurang maksimal. Salah satunya di PT Bukit Asam Tbk.

“PT Bukit Asam Tbk selama ini belum memaksimalkan program pemberdayaan masyarakat dan reklamasi pasca tambangnya. Mungkin sudah ada programnya tetapi eksekusi dari program itu yang berjalan lambat,” tandas presidium Pena 98 ini.

Untuk diketahui, perusahaan pertambangan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pekan ini ramai-ramai mengumumkan rencananya untuk melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Rencananya rapat ini seluruhnya akan dilaksanakan pada Kamis, 23 Desember 2021 mendatang.

Perusahaan yang dimaksud adalah PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), dan PT Timah Tbk (TINS).

Halaman:

Editor: Muhammad Alfin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah