PPKM Darurat, Sandiaga Ubah Semua Rencana Parekraf ke Digitalisasi Ekonomi Kreatif

- 3 Juli 2021, 18:48 WIB
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno. /Foto: Dok. Kemenparekraf.

Pedoman Tangerang- Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mengubah semua tatanan sektor di Indonesia. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif termasuk sektor yang terkena imbas ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan PPKM Darurat telah mengubah sejumlah rencana yang sudah susun Kementeriannya di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Rencana tersebut akan menyesuaikan dengan sand box, di mana kita siapkan kebijakannya secara dinamis. Harus mampu untuk menjawab dengan singkat kenaikan kasus positif Covid-19 di sejumlah wilayah," kata Sandiaga dalam podcast dengan salah satu influencer di media sosial, Sabtu, 3 Juli 2021.

Baca Juga: Sandiaga Uno dan Dubes RI untuk Thailand Bahas Peluang Kembangkan Sektor Parekraf

Perubahan itu, salah satunya, adalah mendorong percepatan transformasi digitalisasi pelaku ekonomi kreatif sehingga dapat menyelamatkan perekonomian di tengah PPKM Darurat selama 3-20 Juli 2021 di Jawa dan Bali.

"Dalam pertemuan secara daring dengan 3-4 ribu pelaku kuliner dan ekonomi kreatif kita sudah menchalange mereka dapat membantu pemerintah untuk melakukan digitalisasi ke target 10 juta orang," katanya.

Selain itu, Sandiaga juga akan mendorong percepatan bantuan untuk para pelaku ekonomi kreatif. Hal ini bertujuan untuk meringankan beban yang mereka tanggung hingga periode PPKM Darurat ini berakhir.

Baca Juga: Sandiaga Uno Tutup Tempat Wisata dan Sentra Ekonomi Selama PPKM Darurat

"Dana hibah pariwisata, bantuan insentif pemerintah, bantuan sosial, bantuan likuiditas untuk restrukturisasi kewajibannya terhadap perbankan (akan diberikan) sehingga mereka tidak mengalami situasi kerusakan permanen," katanya.

Halaman:

Editor: Alfin Pulungan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x