DPR Minta DEN Perhatikan Ketahanan Energi Nasional

- 15 Juni 2021, 17:00 WIB
Ilustrasi Dewan Energi Nasional (DEN).
Ilustrasi Dewan Energi Nasional (DEN). /Foto: Dok. Dunia Energi.

Pedoman Tangerang - Anggota Komisi Energi (Komisi VII) DPR RI Mulyanto meminta Dewan Energi Nasional (DEN) serius memperhatikan ketahanan energi nasional. Upaya ini penting untuk mencegah krisis energi yang berujung pada turbulensi ekonomi dan sosial masyarakat.

Mulyanto berharap DEN mampu mensinergikan kepentingan semua pihak dalam menyusun rancangan besar (grand design) ketahanan energi nasional secara berkelanjutan.

Dengan kewenangan yang dimiliki seharusnya DEN dapat menggerakan seluruh stake holder terkait sektor energi untuk bersama-sama menyusun rencana ketahanan energi nasional tersebut.

Baca Juga: Dyah Roro Dorong Penguatan Fungsi Koordinasi & Dukungan Anggaran Dewan Energi Nasional

"Yang saya pahami DEN ini lembaga yang luar biasa, karena langsung dipimpin oleh Presiden dan Anggotanya terdiri dari 7 menteri lintas sektor. Tentu sangat powerfull. Jadi ekspektasi kita terhadap DEN ini sangat tinggi. Karena kebijakan yang dihasilkannya bersifat binding (mengikat) dan compulsory (memaksa) terhadap pelaku di bidang energi secara nasional. Harapannya seperti itu," kata Mulyanto dalam keterangannya, Selasa, 15 Juni 2021.

Mulyanto khawatir atas ketahanan energi nasional saat ini. Hal tersebut dapat dilihat dari indikasi beberapa peristiwa yang terjadi baru-baru ini.

Beberapa hari lalu terjadi lagi peristiwa kebakaran kilang minyak di Cilacap. Menurut Mulyanto peristiwa serupa bisa berulang lagi pada kilang-kilang lain yang punya cadangan besar. Jika itu dibiarkan, maka dapat mengancam ketahanan energi nasional.

Baca Juga: PKS: Pemerintah Perlu Perbaiki Sistem Perencanaan Energi Nasional

"Saya tidak yakin dengan ketahanan energi kita. Hari ini apalagi. Baru terjadi kebakaran kilang di Kalimantan, kemudian terjadi kebakaran kilang di Balongan," kata Mulyanto.

Halaman:

Editor: Alfin Pulungan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x