Permintaan Pasar Domestik Sedang Tinggi, Saatnya Tingkatkan Ekspor Pakaian

- 16 Mei 2021, 20:00 WIB
Buruh kerja menyelesaikan produksi pakaian di sebuah perusahaan konveksi di Bandung, Jawa Barat, Senin, 12 Oktober 2020.
Buruh kerja menyelesaikan produksi pakaian di sebuah perusahaan konveksi di Bandung, Jawa Barat, Senin, 12 Oktober 2020. /RAISAN AL FARISI/ANTARA FOTO

Pedoman Tangerang - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengatakan peluang ekspor pakaian saat ini sedang terbuka lebar. Hal ini melihat permintaan domestik terhadap produksi pakaian jadi, terutama berbentuk seragam, mengalami peningkatan signifikan.

"Permintaan pakaian jadi secara nasional naik secara signifikan. Ini karena momen Lebaran dan rencana akan dibukanya kembali perkantoran dan sekolah secara normal. Tentu saja ini potensi dan peluang bagus yang harus dimanfaatkan para produsen," kata LaNyalla, Ahad, 16 Mei 2021.

LaNyalla mencontohkan produsen yang sedang kebanjiran order adalah PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL). Emiten penyedia kain, seragam, dan fashion ini mengalami kenaikan permintaan dan pemesanan seragam untuk berbagai institusi pemerintahan maupun swasta, seperti bank, rumah sakit, maskapai penerbangan, dan sebagainya.

Baca Juga: Tegas, Erick Thohir Pecat Direksi Kimia Farma Diagnostika Imbas Antigen Bekas

"Semoga dibukanya kembali sekolah dan institusi memicu potensi pergerakan roda ekonomi dan sekaligus akan menggerakkan sektor lainnya. Ini pertumbuhan yang positif dan diharapkan produk-produk lokal akan mampu memenuhi kebutuhan pasar nasional," ujar LaNyalla.

Senator asal Jawa Timur itu meminta produsen lainnya mengikuti langkah BELL dalam menyediakan kebutuhan kain berkualitas baik sehingga pasar nasional mampu bersaing dengan serbuan kain impor.

"Meski permintaan lokal naik, tapi saya ingatkan supaya pasar ekspor tetap digenjot dalam rangka mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional," katanya.

Baca Juga: PKS Dorong Kaum Muda Hadirkan Solusi Atasi Kemiskinan

LaNyalla pun meminta pemerintah untuk terus menciptakan iklim investasi yang kondusif meskipun masih kondisi pandemi. Perlu juga diberikan kemudahan dalam perizinan usaha.

Halaman:

Editor: Alfin Pulungan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah