Teks Khutbah Jumat 2 Februari 2024: Tema Menjalankan Kehidupan Dunia Sesuai Al Qur'an

2 Februari 2024, 08:00 WIB
Teks Khutbah Jumat 2 Februari 2024: Tema Menjalankan Kehidupan Dunia Sesuai Al Qur'an. /freepik.com

Pedoman Tangerang - Berikut ini adalah teks khutbah Jumat 26 Januari 2024, yang bisa dijadikan referensi.

Teks khutbah Jumat, 26 Januari 2024 yang singkat dan padat ini dapat disampaikan khatib pada saat shalat Jumat.

Khutbah Jumat kali ini bertemakan tentang 'Menjalankan Kehidupan Dunia Sesuai Al Qur'an'.

Baca Juga: Teks Khutbah Jum’at: Evaluasi Masa Lalu, Siapkan Masa Depan

Khutbah I

الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ، نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلىَ يَوْمِ الدِّيْنِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلٰهَ إِلَّا الله وَحْدَه لَاشَرِيْكَ لَهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ اْلمُبِيْن. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَـمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صادِقُ الْوَعْدِ اْلأَمِيْن. أَمَّا بَعْدُ فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ. اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. فَقَالَ اللهُ تَعَالَى : لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Ma’asyiral Muslimin jamaah Jumat rahimakumullah ...

Allah SWT menyatakan dalam Al-Qur'an surat An-Nisa ayat 77,

اَلَمْ تَرَ اِلَى الَّذِيْنَ قِيْلَ لَهُمْ كُفُّوْٓا اَيْدِيَكُمْ وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَۚ فَلَمَّا كُتِبَ عَلَيْهِمُ الْقِتَالُ اِذَا فَرِيْقٌ مِّنْهُمْ يَخْشَوْنَ النَّاسَ كَخَشْيَةِ اللّٰهِ اَوْ اَشَدَّ خَشْيَةً ۚ وَقَالُوْا رَبَّنَا لِمَ كَتَبْتَ عَلَيْنَا الْقِتَالَۚ لَوْلَآ اَخَّرْتَنَآ اِلٰٓى اَجَلٍ قَرِيْبٍۗ قُلْ مَتَاعُ الدُّنْيَا قَلِيْلٌۚ وَالْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لِّمَنِ اتَّقٰىۗ وَلَا تُظْلَمُوْنَ فَتِيْلًا

"Tidakkah engkau memperhatikan orang-orang yang dikatakan kepada mereka, “Tahanlah tanganmu (dari berperang), tegakkanlah salat, dan tunaikanlah zakat!” Ketika mereka diwajibkan berperang, tiba-tiba segolongan mereka (munafik) takut kepada manusia (musuh) seperti ketakutan mereka kepada Allah, bahkan lebih takut daripada itu.

Mereka berkata, “Wahai Tuhan kami, mengapa Engkau wajibkan berperang kepada kami? Mengapa tidak Engkau tangguhkan (kewajiban berperang) kepada kami beberapa waktu lagi?” Katakanlah, “Kesenangan di dunia ini hanyalah sedikit, sedangkan akhirat itu lebih baik bagi orang yang bertakwa dan kamu tidak akan dizalimi sedikit pun.” (QS. An-Nisa [4]: 77)

Kisah viral seorang yang kaya raya bernama Qorun. Orang kaya yang sebelumnya miskin, kemudian ia meminta Nabi Musa alaihissalam untuk mendoakannya agar Allah SWT menganugerahkan kekayaan baginya. Doa Nabi Musa pun terkabul sehingga Qorun menjadi orang yang paling kaya di dunia.

Al-Quran menyatakan, bahwa kekayaan Qorun yang disimpan di dalam brankasnya, dengan kunci-kunci yang sangat berat dan harus dipikul oleh banyak orang yang kuat. Namun demikian, kecintaan terhadap harta kekayaannya itu telah membentuknya menjadi orang sombong, mukhtalin fakhur.

Akhirnya kesombongan Qorun itulah yang mengantarkannya ke ruang kebinasaan. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an surat Al-Qashash ayat 76,

Jamaah Jumat yang berbahagia. Tujuan final dari sebuah kehidupan di dunia adalah kehidupan akhirat. Sebagaimana dinyatakan al-Quran surat al-Qashas ayat 77.

Dan, carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (pahala) negeri akhirat, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia. Berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.” (QS. al-Qashas/28: 77)

Dengan demikian yang harus kita bangun di dunia ini adalah untuk kebahagian hidup akhirat. Sebab, akhiratlah kehidupan yang kekal abadi. Tidak ada lagi kematian setelah mati di dunia. Karenanya Allah SWT juga berfirman dalam Al-Qur'an surat Al-Ankabut ayat 64,

وَاِنَّ الدَّارَ الْاٰخِرَةَ لَهِيَ الْحَيَوَانُۘ لَوْ كَانُوْا يَعْلَمُوْنَ

"...Sesungguhnya negeri akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya seandainya mereka mengetahui." (QS. Al-Ankabut [29]: 64)

Pada firman Allah SWT dalam Al-Qur'an surat Al-Qashash ayat 77 yang artinya, “Dan janganlah kamu melupakan kebahagiaanmu dari kenikmatan duniawi dan berbuat baiklah kepada orang lain sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu”, Allah SWT memerintahkan untuk membangun kebahagiaan akhirat dengan tidak melupakan kehidupan dunia.

Sebab bagaimanapun, dunia adalah ladang untuk membangun kebahagiaan akhirat. Allah SWT telah menciptakan dunia dan seisinya untuk manusia, sebagai sarana menuju akhirat. Allah SWT juga telah menjadikan dunia sebagai tempat ujian bagi manusia, untuk mengetahui siapa yang paling baik amalnya, siapa yang paling baik hati dan niatnya.

Kemakmuran juga adalah hasil dari sebuah perjuangan. Semua manusia yang berakal dipastikan menginginkan kebahagian, namun kebahagian itu akan gagal jika tidak dengan perjuanagan dan pengorbanan.

Allah SWT mengingatkan manusia melalui Al-Quran, yaitu perlunya manusia untuk mengelola dan memperlakukan dunia ini dengan sebaikbaiknya, untuk kepentingan kehidupan manusia dan keturunannya

Pada saat yang sama Allah SWT menegaskan perlunya selalu berbuat baik kepada orang lain dan tidak berbuat kerusakan di bumi. Imam al-Ghazali merumuskan tentang kebahagiaan, yaitu: "Bukanlah kebahagian itu pada pengumpulan harta benda, tetapi taqwa kepada Allah itulah kebahagiaan yang sebenarnya."

Sesungguhnya, manusia selalu saja terperangkap dengan ambisi dan emosi keinginannya untuk memiliki kekayaan harta benda, kekuasaan, pangkat dan kehormatan. Ini menimbulkan kecenderungan baru ke arah mengurangi aspek-aspek pengetahuan serta cara hidup dengan sifat humanistik.

Ditambah lagi dengan penumpuan terhadap ukuran kecemerlangan yang mengurangi tumpuan kepada indikator yang sifatnya kualitatif menjadi lebih kuantitatif, sehingga lebih terbuka kepada pengkhususan (specialization) yang sifatnya utalitarian. Analisisnya adalah apakah dengan memperbaiki keadaan material masalah sudah selesai?

Tentunya tidak, karena kemajuan materi amat mudah membuat mereka berada pada ruang kebimbangan. Justru itu, menelaah sesuatu diperlukan pengetahuan yang secara nyata sangat diperlukan oleh manusia. Ini disebabkan manusia merupakan sosok atau wadah untuk mengatasi berbagai masalah yang akan datang silih berganti dalam proses kehidupan.

Artinya, manusia amat memerlukan ilmu sebagai media untuk memperoleh kejayaan. Katakanlah berjuang untuk sebuah reformasi, bukan saja menuntut perubahan pola fikir dan pendekatan yang dinamik, tetapi terfokus kepada perubahan kualitas akhlak manusia. Fokus ini sekaligus sebagai tantangan untuk melahirkan generasi Muslim berakhlak sesuai dengan zaman.

Cita ini memerlukan pendekatan holistik berjuang membangun potensi insan menumpu kepada pengajaran dan pembelajaran bersifat tumpu-ilmu (knowledge-based), tumpu-keterampilan (skillbased) dan tumpu-nilai (valuebased). Hasrat mi bukan saja ingin melahirkan generasi penerus yang berguna tetapi juga untuk melahirkan manusia yang baik.

Selanjutnya dalam masa yang sama menyumbang untuk membangunkan tamadun baru umat manusia. Implikasi dasar Islam amat sangat berperan dalam kehidupan pribadi Muslim dan masyarakat, meskipun masyarakat itu telah tersusupi oleh berbagai budaya yang cenderung materialis.

Pada saat yang sama, masyarakat mengalami tekanan perubahan sosial yang dapat menimbulkan kebimbangan. Sedangkan lembaga-lembaga yang sesungguhnya merupakan benteng pertahanan seperti kearifan lokal, keluarga dan pendidikan juga sedang dalam perubahan.

Bahkan, lembaga-lembaga itu sendiri tidak dapat mengatasi persoalannya. Pada suasana dan keadaaan beginilah Islam sebagai agama yang memberi rahmat, dapat membantu dengan memberi pegangan agar pribadi dan masyarakat tidak gelisah sehingga kembali kepada konsep kebenaran yang bersumber kepada ajaran Tuhan.

Baca Juga: Teks Khutbah Jumat 1 Februari 2024: Hindari Perkataan Kotor dalam Aspek Kehidupan

Untuk itu metode atau pendekatan ajaran agama itu mestilah disesuaikan dengan perubahan sosial. Islam mampu, bahkan berfungsi sebagai pengawal dan mengarahkan perubahan kepada konsep-konsep ajaran agama, sehingga setiap perubahan tidak menimbulkan krisis.

Islam merupakan penyelamat sesuai maknanya, pengawal dan penapis berbagai perubahan dalam hidup dan kehidupan. Islam adalah agama yang lengkap, syumuli, menyeluruh dan sesuai untuk semua tempat dan zaman. Allah SWT juga mengingatkan manusia melalui Al-Qur'an surat Al-Maidah ayat 3,

"Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, dan (daging hewan) yang disembelih bukan atas (nama) Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang (sempat) kamu sembelih.198) (Diharamkan pula) apa yang disembelih untuk berhala.

(Demikian pula) mengundi nasib dengan azlām (anak panah), (karena) itu suatu perbuatan fasik. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu. Oleh sebab itu, janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku.

Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridai Islam sebagai agamamu. Maka, siapa yang terpaksa karena lapar, bukan karena ingin berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Al-Maidah [5]: 3)

Islam bukan sahaja berkaitan dengan soal ibadah, tetapi merangkumi segala aspek kehidupan di dunia dan akhirat. Islam adalah agama yang telah disempurnakan Allah SWT untuk umat manusia.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ هَذَا الْيَوْمِ الْكَرِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَاِيَاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الصَّلَاةِ وَالزَّكَاةِ وَالصَّدَقَةِ وَتِلَاوَةِ الْقُرْاَنِ وَجَمِيْعِ الطَّاعَاتِ، وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ جَمِيْعَ أَعْمَالِنَا إِنَّهُ هُوَ الْحَكِيْمُ الْعَلِيْمُ، أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ، اِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Khutbah II

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَمَرَنَا بِاْلاِتِّحَادِ وَاْلاِعْتِصَامِ بِحَبْلِ اللهِ الْمَتِيْنِ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، إِيَّاهُ نَعْبُدُ وَإِيَّاُه نَسْتَعِيْنُ. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اَلْمَبْعُوْثُ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ. اِتَّقُوا اللهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ وَسَارِعُوْا إِلَى مَغْفِرَةِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدَنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَ الْمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْاَمْوَاتْ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَا قَاضِيَ الْحَاجَاتِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، اللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَ نَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ عِبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُكُمْ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيتَآئِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَادْعُوْهُ يَسْتَجِبْ لَكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ

Untuk mendapatkan informasi ter-uptodate dari Pedoman Tangerang silahkan klik dibawah ini.***

Editor: Bustamil Arifin

Tags

Terkini

Terpopuler