Kemdikbudristek Peringati Hardiknas 2021, Anies Baswedan Hadir

- 2 Mei 2021, 14:04 WIB
Peringatan Hardiknas 2021, Tampak Anies Dibelakang Nadiem Makarim
Peringatan Hardiknas 2021, Tampak Anies Dibelakang Nadiem Makarim /Twitter @Kemdikbud_RI

Pedoman Tangerang - Momen Hari Peringatan Pendidikan Nasional 2021 kembali diperingati setiap tahunnya oleh Kementerian yang berganti nama menjadi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tahun ini dengan tema Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar.

“Lembaran baru pendidikan Indonesia berarti transformasi. Transformasi yang tetap bersandar pada sejarah bangsa, dan juga keberanian menciptakan sejarah baru yang gemilang,” tutur Nadiem di halaman kantor Kemendikbudristek, Jakarta Minggu 2 Mei 2021.

Nadiem mengemukakan lembaga yang dipimpinnya tersebut terus melakukan terobosan-terobosan diantaranya empat upaya perbaikan bersama masyarakat. Pertama, perbaikan pada infrastruktur dan teknologi.

Baca Juga: Sinopsis: Membaca Pemikiran Haji Misbach Soal Gagasan Sosialisme-Islam

Kedua, perbaikan kebijakan, prosedur, dan pendanaan, serta pemberian otonomi lebih bagi satuan pendidikan. Ketiga, perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya, serta Keempat, yaitu perbaikan kurikulum, pedagogi, dan asesmen.

“Transformasi yang bermakna ini kami kerjakan agar segala sesuatu yang selama ini membuat bangsa ini hanya berjalan di tempat, dapat berubah menjadi lompatan-lompatan kemajuan,” sambung Nadiem seperti dikutip dari laman resmi Kemdikbud.

Kemendikbud terus berupaya menghadirkan terobosan-terobosan Merdeka Belajar, diantaranya Merdeka Belajar Episode 1 yang menghadirkan trobosan empat pokok kebijakan, agar paradigma dan cara lama belajar dan mengajar dapat bertransformasi kearah kemajuan.

Baca Juga: Tak Ada Dasar Hukum Petinggi BPIP Jabat Dewan BRIN, PKS Lontarkan Kecaman

Merdeka Belajar episode 2 “Kampus Merdeka”. Merdeka Belajar episode 3 “Penyesuaian Kebijkan Dana BOS”, Merdeka Belajar episode 4, “Program Orgasisasi Penggerak”, Merdeka Belajar episode 6 “Transformasi Dana Pemerintah untuk Pendidikan Tinggi”,

Merdeka Belajar episode 7 “Program Sekolah Penggerak”, Merdeka Belajar episode 8 “SMK Pusat Keunggulan”, Merdeka Belajar Episode 9 “KIP Kuliah Merdeka”, dan Merdeka Belajar episode 10 “Perluasan Program Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan”.

Dalam kesempatan tersebut turut pula hadir Mendikbud tahun 1993, Wardiman Djojonegoro, Mendikbud 2014-2016, Anies Baswedan, Sylviana Murni selaku Ketua Komite 3 DPD, dan PLT. Kepala Arsip, M. Taufik.

Halaman:

Editor: Rahman Sugidiyanto


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X