Benarkah Penyakit Cacar Monyet Masuk Indonesia? Kenali Gejalanya

- 5 Agustus 2022, 16:30 WIB
Benarkah Penyakit Cacar Monyet Masuk Indonesia? Kenali Gejalanya.
Benarkah Penyakit Cacar Monyet Masuk Indonesia? Kenali Gejalanya. /Foto: Hindustan Times.

Pedoman Tangerang - Penyakit Cacar monyet adalah penyakit zoonosis langka yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox. Virus cacar monyet termasuk dalam genus Orthopoxvirus dalam famili Poxviridae.

Genus Orthopoxvirus juga termasuk virus variola (penyebab cacar), virus vaccinia (digunakan dalam vaksin cacar), dan virus cacar sapi, dilansir dari Kemkes.com

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bahwa “terdapat pasien suspek cacar monyet, dan saat ini dalam pengawasan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah”.dilansir dari jatengprov.go.id, rabu 3 Agustus 2022.

“Kita belum berani menentukan apakah itu monkeypox atau bukan, tapi kita lagi pantau,” ujarnya.

Mantan anggota DPR itu mengatakan, sebelumnya juga ditemukan kasus serupa. Pasien dengan gejala mirip Monkeypox. Namun setelah dilakukan pemeriksaan, hasilnya negatif.

“Dulu pernah ada yang masuk ke kami, saya udah cek, tapi hasil lab pemeriksaan terakhirnya bukan, alhamdulillah,” tuturnya.

Penyakit cacar monyet dapat menular melalui bersentuhan virus dari hewan yang terinfeksi, orang yang terinfeksi, atau bahan yang terkontaminasi virus. Virus juga dapat melewati plasenta dari ibu hamil ke janin.

Virus cacar monyet dapat menyebar dari hewan ke manusia melalui gigitan atau cakaran hewan yang terinfeksi, ketika menangani atau memproses hewan buruan, atau melalui penggunaan produk yang terbuat dari hewan yang terinfeksi.

Berikut gejala cacar monyet dilansir dari kemkes.com

Halaman:

Editor: Bustamil Arifin


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x