Bukan Isapan Jempol, BMKG Prediksi Adanya Tsunami Raksasa di Laut Selatan Jawa

- 2 Agustus 2022, 10:00 WIB
Ilustrasi Tsunami raksasa
Ilustrasi Tsunami raksasa /

Pedoman Tangerang - Isu mengenai adanya Tsunami dengan ketinggian hingga 10 meter nampaknya bukan isapan jempol.

Meski warganet berharap prediksi adanya Tsunami raksasa di selatan Jawa tidak terjadi, namun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingakan agar masyarakat terus waspada.

Menurut BMKG, Tsunami raksasa tersebut mungkin saja terjadi dikemudian hari.

BMKG mengingatkan masyarakat harus waspada terhadap potensi bencana gempa berkekuatan 8,7 skala magnitudo (M), yang kemudian disusul tsunami dengan ketinggian lebih dari 10 meter di pesisir Cilacap, Jawa Tengah.

Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat membuka sekolah lapang gempa bumi (SLG) yang digelar Stasiun Geofisika Banjarnegara di Cilacap pada Rabu, 27 Juli 2022.

Baca Juga: Archetype Earth From Tsukihime Bergabung dengan FGO Sebagai Servant Baru

"Dari hasil pemodelan tsunami dengan skenario terburuk, dikhawatirkan berpotensi terjadi tsunami dengan ketinggian lebih dari 10 meter di pantai Cilacap, sebagai akibat dari gempa bumi dengan kekuatan M = 8,7 pada zona megathrust dalam tumbukan lempeng tersebut," kata Dwikorita dalam laman resmi BMKG pada Jumat, 29 Juli 2022.

Dwikorita menegaskan bahwa prakiraan skenario terburuk itu bukanlah ramalan, melainkan merupakan hasil kajian ahli dan pakar kegempaan.

Untuk itu, ia meminta kepada pemerintah daerah dan masyarakat sekitar untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi skenario buruk tersebut.***

Editor: R. Adi Surya


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x