Iklim Usaha Nasional Lesu, Danang: Pemerintah Sering Bikin Aturan Dadakan!

- 2 Juli 2024, 07:20 WIB
Danang Girindrawardana
Danang Girindrawardana /

Pedoman Tangerang - Wakil Ketua Bidang Kebijakan Publik Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Danang Girindrawardana menyebut bahwa kunci sukses atau terpuruknya ekonomi nasional ada di pemerintah.

Danang sebagai pelaku usaha turut berkomentar atas anjloknya nilai tukar rupiah dan maraknya PHK saat diwawancarai oleh TVONE (27/06/2024).

Ketika ditanya apa inti masalah dari merosotnya nilai tukar rupiah terhadap dolar dan bagaimana iklim industri bisa membaik, Danang memberikan analogi sepakbola.

Baca Juga: KLAIM Saldo Dana Gratis Rp 100 Ribu Hari Ini, Selasa 1 Juli 2024, Ambil Cuan Gratis Ada Di Sini

Ia mengatakan jika suatu tim ada dua atau tiga pemain yang perform secara maksimal, mungkin itu kesalahan dari individu pemain, tetapi bila seluruh tim tampil buruk maka yang salah adalah kapten atau pelatihnya.

"Kalau ada satu dua di tim sepakbola perform tidak baik bisa jadi itu kesalahan pemainnya, tapi kalau keseluruhan tim tidak baik maka kesalahan kapten atau managernya gitu," kata Danang.

Baca Juga: Viral Link Cek Khodam di Vercel App, Ayo Lihat Apakah Diri Anda Memiliki Penunggu

Analogi ini dimaksudkan, jika ada perusahaan yang gulung tikar, bisa jadi kesalahan pengusahanya, tetapi jika banyak pabrik gulung tikar dan PHK pegawai mencapai 13.000 orang, Danang menganggap itu adalah tanggung jawab yang harusnya dilempar ke pemerintah selaku pemangku kebijakan.

"Kalau satu dua perusahaan tutup mungkin pengusahanya tak bisa berkompetisi dengan baik atau kesalahan managemen perusahaan, tapi ini seluruh industri padat karya kita mengalami kekalahan luarbiasa baik impor maupun ekspor, artinya yang salah siapa? Ya yang salah manajernya dan manager di industri kita siapa? Ya pemerintah," tegasnya.

Halaman:

Editor: R. Adi Surya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah