Rupiah Di Angka 16300, Ini Langkah Gubernur BI Cek Disini Sob

- 21 Juni 2024, 17:00 WIB
Deputi Gubernur BI, Doni P Joewono.
Deputi Gubernur BI, Doni P Joewono. /BI

Pedoman Tangerang - Langkah Gubernur Bank Indonesia Untuk Menekan Dan Menurunkan Laju Nilai Mata Uang Rupiah Terhadap Dollar Amerika. menemui titik terang.

Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk tidak mengubah suku bunga acuan, BI Rate, yang tetap berada pada level 6,25 persen dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) Juni 2024. Keputusan ini diambil meskipun nilai tukar rupiah sedang menghadapi tekanan dari dolar AS.

Perry Warjiyo, Gubernur BI, menyatakan bahwa keputusan untuk mempertahankan suku bunga acuan sesuai dengan komitmen bank sentral dalam mendukung stabilitas nilai tukar rupiah. Suku bunga acuan saat ini dianggap sudah cukup untuk mengontrol tingkat inflasi.

Baca Juga: Prediksi EURO Group D Belanda vs Prancis : Preview H2H Susunan Pemain

Dalam konferensi pers setelah RDG Juni di Gedung BI Jakarta pada Kamis (20/6/2024), dia menjelaskan bahwa keputusan ini sejalan dengan kebijakan moneter yang pro-stabilitas, sebagai langkah preventif dan proaktif untuk menjaga inflasi tetap terkendali."

Baca Juga: Siapa Sosok 15 Anggota Polisi Polrestabes Medan Buron? Inilah Komplotan yang Terlibat Sindikat Perampokan

"Perry juga mengungkapkan bahwa BI telah memperkuat operasi moneternya untuk menstabilkan nilai tukar rupiah yang sedang tertekan.

Langkah ini mencakup dua strategi utama: pertama, dengan memperkuat struktur suku bunga di pasar uang rupiah untuk meningkatkan daya tarik imbal hasil dan aliran masuk portofolio asing ke aset keuangan domestik.

Baca Juga: Ajib Banget! Ini Loh 7 MTS Terbaik di Bandung, Rekomendasi PPDB Buat Kamu yang Baru Lulus SD

Halaman:

Editor: Abdul Majid


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah