Indonesia Berencana Luncurkan Rupiah Digital

- 8 Desember 2023, 10:00 WIB
Indonesia Berencana Luncurkan Rupiah Digital
Indonesia Berencana Luncurkan Rupiah Digital /pixabay

Pedoman Tangerang – Teknologi saat ini semakin canggih, bahkan pembayaran sekarang ini banyak menggunakan uang digita, oleh sebab itu Indonesia berencana meluncurkan Rupiah Digital.

Rencana peluncuran Rupiah Digital akan memasuki tahap proof of concept (POC) pada 2024. Hal tersebut diungkap oleh Deputi Gubernur BI Juda Agung.

Adapun POC merupakan tahap validasi konsep yang meliputi fungsi, penerapan, teknis, dan metode suatu program sebelum tahap pengembangan. Demikian usai tahapan POC tersebut, hanya satu tahap tersisa untuk menuju peluncuran Rupiah Digital.

Digital Rupiah merupakan sumbangsih Bank Indonesia kepada negara dalam perjuangan menjaga kedaulatan Rupiah di era digital.

Baca Juga: Profil Agos Gemoy, Tiktokers yang Viral Disomasi Karena Cabut Stiker Dirumah Sendiri Lengkap Akun Medsosnya

Proyek ini melengkapi berbagai inisiatif Bank Indonesia dalam mendorong agenda transformasi digital nasional, khususnya upaya mengintegrasikan ekonomi dan keuangan digital secara end-to-end yang saat ini sudah didorong dari jalur Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 (BSPI 2025) dan Blueprint Pengembangan Pasar Uang 2025 (BPPU 2025).

“Di 2024 akan masuk tahap proof of concept,” kata Juda Agung di Peluncuran Buku Putih, Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital Indonesia 2030, di St Regis, Jakarta, Rabu 6 Desember 2023.

Mengutip dari berbagai sumber, POC adalah tahapan untuk memvalidasi konsep dari segi fungsi, penerapan, teknis dan metode dari sebuah program sebelum masuk tahap pengembangan.

Halaman:

Editor: Abdul Majid


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x