Bocoran Harga Tiket Kereta Api Saat Mudik Lebaran 2022, Bakal Naik?

- 9 April 2022, 19:15 WIB
Bocoran Harga Tiket Kereta Saat Mudik Lebaran 2022, Bakal Naik?
Bocoran Harga Tiket Kereta Saat Mudik Lebaran 2022, Bakal Naik? /

Pedoman Tangerang – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI bicara soal harga tiket kereta api selama periode mudik Lebaran 2022. Hal itu dipastikan akan tetap memenuhi aturan pemerintah.

Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo mengatakan tahun ini pihaknya menjual 64% tiket murah sesuai Public Service Obligation (PSO). Untuk tiket jenis ini, harganya tetap alias tidak ada kenaikan.

"64% tiket yang kita jual adalah tiket yang harga murah, harga PSO. Memang dalam aturan tiket pemerintah, PSO ini harganya tetap, tidak akan berubah," kata Didiek dalam RDP dengan Komisi VI DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta Selatan, Selasa 29 Maret 2022. Dikutip  tim Pedoman Tangerang dari laman dpr.go.id

Baca Juga: 4 Tips Sederhana Merawat Wajah di Bulan Ramadhan Agar Tetap Sehat dan Glowing

Di luar itu, sisa dari jumlah tiket kereta api dijual secara komersial. Sayangnya tidak ada bocoran apakah harga tiket jenis ini akan naik atau tidak.

Didiek menyebut harga tiket komersial akan diatur sesuai kepadatan arus penumpang. Hal ini akan mengacu pada harga tiket batas atas dan tiket batas bawah.

"Hanya 36% yang merupakan tiket komersial. Untuk tiket komersial akan mengikuti dynamic pricing di mana ada tiket batas atas dan tiket batas bawah, inilah yang nantinya diatur mekanismenya sesuai kepadatan arus penumpang," bebernya.

Untuk diketahui, penumpang yang ingin mudik Lebaran menggunakan kereta api harus mendapat vaksin dosis kedua dan vaksinasi dosis ketiga (booster). Bagi yang sudah melaksanakannya, penumpang tidak perlu lagi menunjukkan hasil negatif rapid test antigen atau RT-PCR.

Selain itu wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam atau rapid test antigen 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Halaman:

Editor: Araf Mukhtar

Sumber: dpr.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x