IKA IKOPIN Desak MPR Bangun Kekuatan Ekonomi Lewat Koperasi

- 23 Januari 2022, 19:00 WIB
Ilustrasi koperasi Indonesia
Ilustrasi koperasi Indonesia /Foto: Ist

Pedoman Tangerang - Ketua DPP Ikatan Alumni Institut Koperasi Indonesia (IKA IKOPIN), Entis Sutisna mendesak Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) ikut terlibat membesarkan perkoperasian di tanah air.

Apalagi kegiatan usaha koperasi masuk dalam pilar kebangsaan itu, yakni Pancasila dan UUD 1945 pasal 33.

“Kami sangat siap sekali untuk mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan yang di dalamnya soal ekonomi kerakyatan yakni perkoperasian,” katanya usai melakukan pertemuan dengan Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Basarah di Jalan Denpasar, Jakarta, Sabtu (22/1/2022).

Hadir dalam silaturahmi tersebut, Wakil Ketua IKA IKOPIN Yoedani, Ketua Dewan Penasehat Nia Syarifudin dan Direktur Sertifikasi Profesi Rani Fitrianaria.

Baca Juga: Ada Peluang Modernisasi Koperasi dari Pemerintah, Yuk Cek di Sini

"Usaha perkoperasian merupakan salah satu masalah kebangsaan, karena menyangkut ekonomi rakyat," ujarnya.

Lebih jauh kata Entis, dengan adanya penjelasan UUD 1945 Pasal 33 bahwa koperasi berkedudukan sebagai soko guru perekonomian nasional dan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam sistem perekonomian nasional. "Kami ingin bersinergi dengan MPR," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua MPR, Ahmad Basarah berharap IKA IKOPIN sebagai alumni dari institusi pendidikan koperasi lebih berperan aktif menyuarakan gerakan koperasi.

Peran IKA IKOPIN cukup menentukan bahwa koperasi bisa tumbuh kembang kembali sebagaimana yang di cita-citakan para pendiri bangsa “Ke depan kita bisa berkerjasama dalam menyosialisasi 4 pilar kebangsaan di kampus-kampus atau dengan gerakan koperasi di daerah daerah,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Alfin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x