DPR Dorong BUMN Perkuat Program untuk Masyarakat Bawah & UMKM

- 26 Desember 2021, 20:19 WIB
Ilustrasi: Menteri BUMN Erick Thohir saat berdialog dengan Pengrajin bordir UMKM khas Tasikmalaya.
Ilustrasi: Menteri BUMN Erick Thohir saat berdialog dengan Pengrajin bordir UMKM khas Tasikmalaya. /Foto: Kementerian BUMN/Antara

Pedoman Tangerang - Anggota Komisi VI DPR RI, Amin Ak, mendorong BUMN terus mengoptimalkan kinerjanya dan memperkuat program-program untuk masyarakat bawah dan UMKM.

Dia menjelaskan, fokus ke ekonomi kerakyatan akan memberikan efek positif dan cepat dalam pemulihan ekonomi nasional. Sebab, 98 persen tenaga kerja diserap oleh UMKM dan sektor informal.

"Kinerja BUMN pada sektor-sektor ekonomi rakyat menjadi stimulus percepatan pemulihan ekonomi,” kata Amin dalam kegiatan sosialisasi dengan tema BUMN Sebagai Lokomotif Pemulihan Ekonomi Nasional di Surabaya, Minggu, 26 Desember 2021.

Amin meminta BUMN mampu menjadi sandaran pemulihan ekonomi nasional berkat program-programnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Baca Juga: DPR Sindir Erick Soal Vaksin BUMN: Mentang-Mentang Menterinya Mau Nyapres!

Program seperti program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau CSR, kemitraan usaha dengan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dan penyaluran kredit untuk UMKM bisa menggerakan ekonomi nasional.

“BUMN sebagai lokomotif pemulihan ekonomi nasional diharapkan terus menstimulasi kegiatan ekonomi masyarakat di tengah pandemi ini,” kata Wakil Rakyat dari Dapil Jawa Timur IV ini.

Di sisi lain, Amin juga mendorong para pelaku UMKM bisa memanfaatkan program-program BUMN dan meningkatkan kemampuan manajemennya, baik dari sisi produksi maupun manajemen keuangan. UMKM juga harus melek teknologi digital agar bisa bersaing di era digital saat ini.

Kedua belah pihak, baik BUMN maupun UMKM harus mampu menyiasati perkembangan teknologi dan pola perilaku ekonomi masyarakat. Selain itu, BUMN juga harus terus berinovasi agar mampu menangkap peluang yang cukup besar saat ini.

Baca Juga: DPR Dorong UMKM Terapkan Transaksi Non Tunai Lewat QRIS

Halaman:

Editor: Muhammad Alfin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x